Ingin menikmati suasana berupa air terjun di Bali? wisatawan dapat menikmatinya Air Terjun Sekumpul di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Jenuhnya aktivitas atau rutinas suasana kota tentu akan butuh liburan dengan refreshing ke sebuah tempat yang mempesona. Ternyata, alam yang begitu indah dengan air terjun yang alami dapat dinikmati dengan mengunjunjungi tempat wisata yang satu ini. Tidak hanya wisatawan domestik yang mengagumi keindahannya, namun wisatawan manca negara juga sangat banyak berdatangan untuk menikmati obyek wisata di Bali Utara ini. Sesuai dengan namanya, yaitu Sekumpul, memang dalam kenyataanya terdapat 7 (tujuh) air terjun berkumpul diekitar tempat yang alami ini. Tetapi terdapat 2 air terjun yang berdekatan yang letaknya paling mudah untuk mencapainya dari akses jalan raya.

Seven Point Waterfall merupakan sebagai sebutan bagi banyak wisatawan asing untuk tempat wisata yang satu ini. Terdapat 2 air terjun yang aksesnya mudah dicapai, dan sisanya membutuhkan jiwa petualngan menuju lokasinya. Dengan keindahan dan alaminya serta segarnya udara disekitar Desa Sekumpul, tentu sangat disayangkan sekali jika tidak mengnjungi ketujuh air terjun di desa ini. Dengan berbekal minuman yang cukup, serta kondisi badan yang sehat, yakin wisatawan akan tidak melewatkan kesempatan berpetualang di Desa Sekumpul. Bersama sahabat atau teman sekantor, tentu kegiatan yang disebut juga waterfall trekking ini akan menjadi sangat menarik. Perlu dipersiapkan waktu satu hari penuh, bagi wisatawan yang tinggal di Denpasar, sebab dapat diyakinkan bahwa akan menikmati wisata adventure di Bali ini.

Nuansa Air Terjun Sekumpul Diantara Perbukitan Yang Hijau

Sepintas mendengar bukit hijau tentu sudah terbawa alam pikiran bahwa alam yang indah, dan Air Terjun Sekumpul mamang berada di daerah perbukitan yang hijau. Menuju tempat ini sebutulnya tidak sulit, memang jika menginap di Kuta atau hotel lainya di Denpasar akan sedikit terasa jauh, perjalanan sekitar 2,5 jam. Tetapi alternatif lainya untuk perjalan agar terasa dekat adalah menginap di sekitar Kota Singaraja atau Lovina. Kabupaten Buleleng yang terkenal dengan banyak nilai sejarah juga bisa dijadikan obyek untuk dikunjungi. Apalagi Lovina, selain pantainya yang sangat romantis untuk makan malam sambil melihat pemandangan matahari terbenam, ketika menyambut pagi pun melihat Dolpin ke tengah laut adalah aktivitas wisata yang sangat menarik. Jarak dari Siangaraja sekitar 36 menit, dan dari Pantai Lovina sekitar 51 menit.

Berwisata di Alam Terbuka Menjadikan Sehat Jasmani dan Pikiran

Salah satu pilihan berwisata di alam terbuka yaitu ke Air Terjun Sekumpul tentu akan memberikan refresing yang luar biasa, terjauh dari hiruk pikuk suasana kota, alami dan sangat mempesona. Sedangakan apa yang didapat selain pikiran yang akan menjadi refresh, dan begitupun jasmani yang bergerak menuju lokasi dari parkir kendaraan dan menuju disekitarnya akan memberikan dampat berjalan yang menghasilkan olah raga yang sehat. Pada dasarnya pasti semua ingin sehat bukan? Nah, wisata inilah salah satu yang dapat dijadikan pilihannya. Bagi wisatawan yang telah sering ke Bali dengan wisata yang satu ini tentu akan menjadikan liburan yang lebih berbeda dari yang sudah pernah dilewati. Wisatawan bisa dengan menginap di hotel sekitar Kuta atau Denpasar, atau menikmati malam di Lovina. Untuk altenatif lain, menginap di hotel sekitar Ubud dan Kintamani juga dapat dilakukan. Tentu semakin lokasi hotel ke arah Bali Utara akan menempuh perjalanan menuju Sekumpul akan lebih pendek lagi.

Ketika Musim Tidak Hujan Lebih Disarankan

Karena berwisata dengan kategori wisata petualangan air terjun merupakan wisata di alam terbuka, maka disarankan lebih baik agar pada tidak musim hujan. Kapan perkiraan di Bali tidak musim hujan? Pada bulan bulan tertentu pada umumnya seperti bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, September, dan sampai dengan awal Oktober. Ketika musim hujan, banyak hal yang lebih sulit untuk wisata ini, jalanan licin, cuaca lebih cenderung tidak bagus, tanah longsor, pohon tumbang, dan sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya pilih jadwal liburan yang tepat agar lebih memuaskan nantinya. Pada musim cerah, tentu pemandangan lebih bagus, dan bagi wisatawan yang gemar dengan koleksi photo akan lebih mandapatkan hasil yang lebih baik. Begitupun ketika seandainya membawa anak-anak yang dikategorikan masih kecil, tentu cuaca cerah juga akan lebih mendukung untuk kesehatan mereka.

Air Terjun Sekumpul Berwarna Putih dan Merah

Sangat menarik juga, jika memang jadwal liburan untuk berwisata ke Air Terjun Sekumpul tepat pada musim hujan, namun dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan, serta mencari untuk mendapatkan informasi yang terbaru dari masyarakat setempat adalah hal penting. Wisatawan akan menemukan pemandangan air tejun yang sangat unik, dimana 2 air terjun yang berbeda warna. Satunya berwarna Putih seperti warana air terjun pada umumnya, dan satunya lagi berwarna Coklat. Sungguh menarik sekali bukan? Iya, hal ini disebabkan oleh satunya memang berasal dari sumber mata air pegunungan, yang terletak pada bagian atas ari terjun, sedangkan satunya berasal dari aliran sungai di Desa Sekumpul.

Message: