Pura Goa Gajah yang terletak tidak jauh dari daerah pariwisata Ubud, Bali, sering dikunjungi wisatawan setelah atau sebelum perjalan dari wisata ke Kintamani. Jarak menuju obyek wisata yag terkenal dengan pemandangan Gunung dan Danau dari Pura Goa Gajah menempuh waktu sekitas 1 jam. Namun ada sebuah obyek wisata yang dapat dikunjungi sebelum mencapai Kintamani, tidak lain adalah Pura Tirta Empul yang berlokasi di tempat dibangunnya salah satu Istana Negara Indonesia yaitu Desa Tampak Siring. Pura Goa Gajah merupakan obyek wisata yang telah ditata rapi, dimana parkir yang luas serta penataan dan kebersihan yang dijaga dengan baik. Para pedagang oleh-oleh khas Bali seperti kain, patung, anyaman, kaos, tas dan lain sebagainya telah dilokasingan agara ketikan wisatawan berminat menjadi nyaman untuk belanja.

Sejarah Pura Goa Gajah

Berawal dari ditemukannya patung atau Arca Ganesha pada tahun 1923 oleh LC. Heyting, serorang pejabat Hindia Belanda, Kemudian ditindak lanjuti dan diteliti 2 tahun kemudian yaitu ada tahun 1925. Berlanjut kemudian setelah kemerdekaan, permerintah yang bertugas untuk seksi ini serta petugas tentang purbakala bali melanjutkan penyelidikan dan pengembangannya. Hingga sekarang tempat ini dijadikan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Arca Ganesha yang terletak di dalam goa, pada bagian lain di luar gao, terdapat archa 6 wanita dimana pada setiap arca mengeluarkan air yang dipercaya dapat memberikan vibrasi dan penyucian diri.

Obyek Wisata atau Rekreasi Terdekat

Bila obyek wisata Kintamani yang berjarak tempuh sekitar 1 jam tergolong jauh bagi beberapa wisatawan setelah mengunjungi Pura Goa Gajah, maka alternatif dapat menjunjungi obyek wisata lainya yang berjarak hanya beberapa menit seperti Monkey Forest, Ubud Palace, Tegalalang Rice Terrace. Dan bagi yang ingin mencari koleksi pernak pernik ciri khas Bali, artshop ataupun pasar seni juga tidak terlalu jauh. Pasar Seni Ubud dan Pasar Seni Sukawati adalah pilihan tempat yang dapat dikunjungi. Pada sore hari tepatnya pukul 17.30 wita menuju arah ke Kuta, dapat menyaksikan Tari Kecak di Batubulan. Pementasan tari yang teah terkenal ini dijadwalkan sitiap hari, kecuali hari tertentu yang memang tidak mungkin untuk dipentaskan.

 

 

Message: