Objek Wisata di Bali dan Tempat Menarik Lainnya

Objek wisata di Bali dan tempat menarik yang tersebar di seluruh wilayah Bali dapat dijangkau dengan kendaraan tergantung dari objek wisata yang dituju. Objek wisata dengan unsur budaya di beberapa tempat di Bali semakin dilestarikan dan dibina, mengingat kemajuan jaman yang dipengaruhi oleh teknologi akan mengancam kebudyaan tersebut menjadi semakin hilang dan punah. Contohnya beberapa desa traditional yang terkenal di Bali yang memiliki unsur budaya yang unik sebagai objek wisata di Bali terkenal yaitu Desa Pengelipuran, sebuah desa yang terletak di kabupaten Bangli ini yang memiliki suatu kebudayaan tentang rumah traditional. Rumah yang dibangun pada setiap rumah di Desa Pengelipuran tampak seperti desain yang sama. Mulai dari pintu gerbang hingga di belakang bagian rumah terlihat sama semua. Sewa mobil di Bali menuju desa yang sejuk dan asri dengan ciri khas rumah yang terbuat dominan dari bambu ini menempuh waktu dari bandara adalah 1,5 jam. Sedangkan jika dari Kintamani hanya menmempuh waktu sekitar 30 menit. Adapun yang lainya lagi untuk wisata Bali dengan unsur budaya sebagai dasar gaya tariknya yaitu Desa Tenganan, desa yang berada di Kabupaten Karangasem, selah satu kabupaten di Bali yang terletak di ujung timur pulau Bali dengan ciri khas rumah traditional pula. Rumah di tenganan terbuat dari batu merah, batu sungai, dan tanah, sedangkan atapnya terbuat dari tumpukan daun rumbi.

 

Namun tidak hanya sesingkat itu saja, jika memang ingin berlibur di Bali, masih banyak lagi objek wisata di Bali yang dapat dikunjungi. Pulau Bali yang tidak begitu luas, maka kunjungan objek wisata dapat dinikmati lebih dari satu tempat. Tergantung dari daya tarik ketika menikmati suasana di tempat tersebut, sehingga rata-rata dapat mengunjungi 3 atau 4 objek.

Tempat Wisata Menarik di Bali

Tersebarnya pada setiap wilayah atau bagian dari propinsi yaitu kabupaten, mempunyai keunikan dan tempat wisata yang berbagai macam. Kecenderungan tempat tersebut dipengaruhi tidak hanya oleh alam yang mendukung. Namun Budaya Bali merupakan bagian dari pendukungnya hingga menjadi berbeda dari tempat wisata di Indonesia dan bahkan di dunia. Untuk lebih dapat mempunyai kunjungan wisata yang lebih berkesan ke tempat wisata atau objek wisata di Bali, Informasi dapat dikumpulkan terlebih dahulu agar sesuai dengan minat yang diinginkan.

Wisata Alam

Bagi yang ingn menikmati pemandangan alam di Bali sebagai penyegaran terhadap suasana jenuhnya dengan rutinitas, beberpat tempat wisata seperti Kintamani, Bedugul, Jatiluwih, Karangasem, adalah pilihan yang sesuai. Pantai mungkin juga salah satu alternatif sebab pantai juga kategori wisata alam. Pantai Kuta yang terkenal hingga dipelosok dunia, namun saat ini telah dikembagkannya beberapa obyek wisata pantai lainya di Bali seperti Pantai Lovina, Pantai Nusa Dua, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Virgin, Pantai Bias Tugel dan lain-lain.

 

Tempat Wisata Kategori Pantai di Bali

  • Pantai Kuta: untuk penjelasan pantai ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar, sebab Pantai Kuta merupakan pantai yang telah terkenal sebagai objek wisata di Bali.
  • Pantai Legian: terletak di bagian utara Pantai Kuta, pantai ini juga merupakan pantai dengan pantai pasir putih dan mempunyai pemandangan matahari terbenam. Jika memilih menginap di hotel sekitar Lagian, maka beberapa hotel menyediakan akses menikmati susana sunset pada restoran mereka masing-masing
  • Pantai Seminyak: telah berkengnya pengelolaan dan ide baru untuk menikmati sesana matahari terbenam, maka beberapa pengusaha pariwisata di kawasan ini mendirikan club, bar, cafe dan beberap tempat santai untuk menikmati makan dan minuman.
  • Pantai Jimbaran: tempat wisata menikmati makan malam romantis dengan hidangan sea food ini merupakan pilihan yang tepat. Hampir setiap sore hari menjelang matahari terbenam. Pantai Jimbaran ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.
  • Pantai Nusa Dua: menikmati suasana pantai dengan kemewahan pada hotel berbintang lima, disnilah lokasinya. Namun disni, wisatawan tidak dapat menikmati suasana matahari terbenam, dan sebaliknya, Pantai Nusa Dua adalah tempat menikmati joging pagi dan matahari terbit.
  • Pantai Pandawa: keindahan pantai di Bali tidak untuk suasana sunset ataupun sunrise, naum keindahan Pantai Pandawa justru pada siang hari, pemandangan dari atas bukit kapur yang telah dibelah dan dijadikan akses menuju tepi pantai adalah pemandangan yang menkjubkan.
  • Pantai Virgin: dalam artian virgin adalah pantai yang masih asri, akses jalan yang masih sederhana dan bangunan beberapa restoran pun semi permanen. Keasrian serta traditional bangunan sampai saat ini masih dijaga masyarakat setempat.
  • Pantai Lovina: pantai yang terkenal dengan wisata melihat lumba-lumba pada pagi hari ini sangat unik. Menggunakan perahu nelayan untuk mencapai titik poin dimana lumba-lumba menampakan dirinya pada pagi hari.
  • Pantai Sanur: terbagi menjadi beberapa nama dalam sepanjang pantai yang terletak di kawasan wisata Sanur. Bebrapa diantaranya adalah Pantai Segara, Pantai Sindu, dan Pantai Merta Sari. Wisata bersepeda pada pagi hari menyusuri pantai, bila menginap di hotel sekitar Sanur adalah kegiatan wisata yang sangat menarik.

Objek Wisata Bali Kategori Pemandangan Alam atau Pegunungan

  • Kintamani: pemandangan kaldera terbesar di dunia ini merupakan salah satu pengakuan oleh Geo Park secara resmi yang merupakan anugerah alam yang harus dijaga kelestariannya dapat dinikmati sambil makan siang di beberapa restoran dengan menu halal pada sepanjang Desa Penelokan.
  • Air Panas Alami: turun menuju Desa Toya Bungkah dari Desa Penelokan, maka wisatawan akan menemukan beberapa tempat wisata untuk menikmati mandi dengan air panas alami.
  • Ceking Tegalalang: di desa ini terdapat sawah, namun berbeda dengan sawah lainya di Bali, pemandangansawah yang berteras yang dihiasi oleh tumbuhnya pohon kelapa disekitarnya.
  • Bedugul: kawasan pegunungan yang terkenal dengan kesejukan suhu udara ini, dapat menikmati pemandangan Danau Beratan, Danau Buyan, Danau Tamblingan. Dan bagi wisatawan yang cinta terhadap tumbuhan, Kebun Raya adalah tempat terkoleksinya berbagai macam tumbuhan, juga dapat dikunjungi di kawasan wisata ini.
  • Jatiluwih: hamparan sawah yang luas dan berteras jga merupakan obyek wisata di Bali, namun sedikit berbed dengan Ceking Tegalalang, pata tempat wisata di Bali terdapat Pamandangan Gunung Batukaru yang menjulang tinggi.
  • Kebun Raya Bedugul: sering disebut dengan Bali Botanical Garden, ribuan jenis tanaman yang tumbuh pada lahan ratusan hektar di Kebun Raya, menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata yang sejuk.

Objek Wisata di Bali Sebagai Wisata Budaya

  • Pura Taman Ayun: pura yang terletak di Mengwi, Tabanan, Bali yang mempunyai keuikan yaitu dikelilingi oleh sungai, dan terdapat bangunan berukir yang berusia ratusan tahun.
  • Desa Pengelipuran: dari sekian banyaknya desa yang terdapat di Bali, namun Desa Pengelipuran adalah salah satu objek wisata di Bali yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu struktur bangunan rumah penduduk masih dipertahankan traditional dan hampir semua desainnya mempunyai menyerupai satu sama lainya. Atap bangunan yang menggunakan bahan bambu, menjadikan satu hal lagi keunikan di desa ini.
  • Desa Tenganan: menurut sejarah Bali, penduduk yang tinggal di desa yang terletak di Kabupaten Karangasem ini adalah Bali Asli atau disebut Balu Mula (Bali Aga).
  • Pura Tanah Lot: obyek wisata di Bali ini sudah tidak perlu dijelaskan, sebab hampir semua yang wisatawan yang berkunjung ke Bali menyempatkan diri untuk datang ke tempat ini.
  • Pura Ulun Danu Beratan: pura yang terletak di tengah Danau Beratan, tentu mempunyai daya tarik sebagai objek wisata, sebab pada umumnya pura dibangun tidak pada tempat yang sulit untuk dijangkau masyarakatnya.
  • Pura Ulun Danu Batur: setelah beberapa kali Gunung Meletus, pura ini dipindahkan ke lokasi bagian yang posisi tanahnya lebih tinggi. Dan Pura Ulun Danu Batur adalh pura terbesar kedua.
  • Pura Besakih: The Mother of Tample ini Bali, itulah sebutan pura ini oleh para wisatawan asing. Dan dalam kenyataanya, Pura yang terletak di Kaki Gunung Agung ini adalah pura terbesar di Bali.

Objek Wisata di Bali dan Tempat Wisata Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Berikut ini adalah beberapa gambar untuk objek wisata di Bali atau tempat wisata di Bali yang dapat diakses dengan mengklik gambar sesuai keinginan dan minat. Selain itu telah disediakan beberapa gambar tambahan sebagai pendukung dari masing-masing tempat atau obyek tersebut. Diharapan dapat mewakili dan dapat menentukan pilihan kemana akan dituju serta dikunjungi ketika sewa mobil di Bali nantinya. Kordinasikan dengan sopir untuk memaksimalkan kunjungan ke objek wisata di Bali yang menjadi pilihan.

Peta Propinsi Bali

Bali mempunyai 8 kabupaten, dimana masing-masing telah dikembangkanya obyek wisata agar wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Adapun kabupaten yang terdapat di Bali yaitu: Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangesem, Klungkung, Tabanan. Serta ditambah satu lagi yang tergolong sebagai tujuan wilayah untuk tujuan wisata yaitu Denpasar. Kota Madya Propinsi Bali ini terletak di kawasan strategis antara Badung dan Gianyar.

Peta Bali

Message